654 PKM Unnes Didanai Ditjen Dikti

SEMARANG, suaramerdeka.com – Sebanyak 654 proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Universitas Negeri Semarang (Unnes) berhasil lolos dan diterima untuk didanai Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti). Dengan hasil itu, Unnes mencatatkan diri sebagai perguruan tinggi yang paling banyak meloloskan PKM secara nasional.

Berdasarkan pengumuman yang dikeluarkan Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Ditjen Dikti, terbanyak kedua Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya dengan 583 proposal. Terbanyak ketiga, Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta dengan meloloskan 476 proposal.

Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan Unnes, Prof Dr Masrukhi MPd mengungkapkan, ke-654 proposal itu terdiri atas semua kategori yang dibuka Dikti. “PKM Kewirausahaan (PKMK) 292 proposal, PKM Pengabdian kepada Masyarakat (PKMM) 216, PKM Penelitian (PKMP) 114, PKM Penerapan Teknologi (PKMT) 19, dan Program Kreavitas Mahasiswa Karsa Cipta (PKMC) sebanyak 13 proposal,” kata guru besar pendidikan moral ini.

Jumlah karya itu lebih dari dua kali lipat dibandingkan dengan yang lolos tahun lalu. Terjadi peningkatan 255%. Selanjutnya, dengan hasil seleksi itu akan dilakukan kontrak kerja dengan para pembantu rektor bidang kemahasiswaan. Program akan dimulai Januari tahun ini dan akan dipantau pelaksanaannya pada Mei mendatang.

Karena itu, dalam pengumuman tersebut Direktur Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (DP2M) Ditjen Dikti Suryo Hapsoro Tri Utomo meminta para pemimpin perguruan tinggi segera menugasi mahasiswa yang proposalnya lolos seleksi untuk melaksanakan kegiatan.

Leave a comment