Indahnya Semangat dan Kebersamaan dalam Rihlah 2014

20140105_115555Tanggal 5 Januari 2014 merupakan hari diadakannya rihlah KSIK, sekaligus pelantikan bagi para pengurus baru KSIK. Acara yang merupakan follow up dari RAT ini sebenarnya tak hanya diperuntukkan oleh anggota pengurus KSIK saja, namun juga panitia RAT dan terbuka untuk mahasiswa Keperawatan Universitas Diponegoro.

Pada acara yang diadakan di air terjun Semirang Ungaran ini sangat terasa kebersamaannya. Di hari Minggu itu, para panitia dan anggota pengurus KSIK berkumpul di Masjid Kampus UNDIP untuk berangkat bersama menuju lokasi. Sekitar pukul 08.00 pagi, rombongan berangkat menggunakan sepeda motor dan beberapa menggunakan angkutan umum.

Ketika rombongan panitia dan pengurus KSIK masuk ke dalam kawasan wisata air terjun Semirang, sejauh mata memandang terlihat pepohonan lebat yang masih alami. Pohon-pohon yang mungkin jarang ditemui juga banyak terdapat di tempat itu. Suasana sejuk dan rindang dengan iringan bunyi gemericik air yang menenangkan menemani perjalanan rombongan kala itu. Membuat kita bersyukur masih dapat menikmati keindahan dan kebesaran ciptaan Allah SWT.

Sebelum menjelajahi lebih dalam kawasan wisata air terjun Semirang, para panitia dan pengurus KSIK berkumpul terlebih dahulu untuk membuka acara rihlah dan pelantikan. Pembukaan acara itu dilakukan oleh Beni Bakhtiar sebagai MC yang kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Mba Harin sebagai Mas’ul lama KSIK. Di situ pula kami saling memperkenalkan diri dan selanjutnya di bagi kelompok untuk game yang akan di adakan. Tak lupa, kami membaca do’a untuk kelancaran acara rihlah ini.

Selanjutnya yaitu acara game di post pertama. Cara bermain game ini adalah setiap kelompok memecahkan balon yang berisi kata-kata. Dalam kata-kata tersebut harus dibentuk satu kalimat hadist. Semua kelompok sangat antusias dengan game tersebut dan berusaha menyusun kata-kata tersebut dengan baik.

Setelah menyelesaikan game tersebut, panitia dan pengurus KSIK melanjutkan perjalanan yang menantang, dengan terjalan dan bebatuan serta tanah yang licin untuk mencapai puncak di mana terdapat air terjun Semirang.

Meski kelelahan, akhirnya panitia dan pengurus KSIK dapat mencapai puncak. Setibanya di puncak, mereka langsung menuju ke air tejun dan untuk berfoto serta bermain sembari menikmati dinginnya air terjun Semirang. Acara berikutnya dilanjutkan dengan makan siang bersama.

Setelah makan siang, para panitia dan peserta kembali menuruni puncak menuju gerbang kawasan wisata air terjun Semirang. Sesampainya di sana, panitia dan pengurus KSIK segera menuju mushola untuk membersihkan diri dan Sholat Dhuhur.

Seusai Sholat Dhuhur, pengurus KSIK baik yang baru maupun yang lama berkumpul untuk melakukan acara Pelantikan. Acara pelantikan diawali dengan wisuda kader-kader KSIK lama yang dilanjutkan dengan pengumuman KSIK award. Kemudian, dilakukan penyerahan jabatan dari Mas’ul lama ke Mas’ul yang baru. Setelah itu, dilanjutkan dengan Pelantikan kader-kader baru KSIK yang dinamai Squad KSIK 2014. Dalam acara itu, kami disumpah untuk dapat menjaga amanah yang telah diberikan dengan baik.

Acara yang dihadiri oleh 35 orang peserta panitia tersebut tentunya membuat pengalaman dan kesan tersendiri bagi panitia dan pengurus KSIK yang mengikuti. Semoga, setelah dilantik pengurus KSIK ke depannya dapat selalu mengerjakan apa yang telah diamanahkan dengan baik dan dapat terus semangat untuk berkarya.

Leave a comment